JURUSAN MUSIK GEREJAWI STAKPN AMBON MENGGELAR SEMINAR NASIONAL DENGAN TEMA “MUSIK DAN PEMBENTUKAN KARAKTER”

Ambon,09/11. Prodi Musik Gerejawi STAKPN Ambon menggelar seminar Nasional yang bertempat di Hotel Imperial In Ambon. Seminar ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 09 – 10 November 2017. Tujuan dari pelaksanaan Seminar untuk mengetahui secara lebih dalam pengaruh musik terhadap pembentukan karakter dari berbagai perspektif dan menunjang materi-materi perkuliahan dalam kurikulum.

Ketua Panitia penyelenggara Alex Nunumete, M.Sn  dalam  penjelasan laporannya  bahwa Prodi Musik Grejawi memandang perlu menyelenggarakan forum ilmiah berupa Seminar Nasional untuk mengungkapkan pengaruh musik terhadap pembentukan karakter dengan menghadirkan para fasilitator yang berkompeten berdasarkan isu-isu berkembang tentang musik..

”Peserta kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa prodi Musik gerejawi, Alumni, seniman lokal maupun di luar Maluku, pemerhati bidang seni musik dan perwakilan musisi gereja yang ada di Maluku “ tandasnya.

Dalam Seminar Nasional ini menghadirkan fasilitator terdiri dari enam orang akademisi, dengan kompetensi khusus dibidang seni. Mereka adalah : Prof.Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd (Guru Besar UNESS), Kim Sun-Ah, M.Mus ( Dosen Institut Wesley Jakarta),

Dr. Chr.I. Tamaela, M.Th.LM ( Dosen UKI Maluku) dan Dr. B.E. Picanussa, M.Th.LM ( Dosen STAKPN Ambon).

Ketua STAKPN Ambon Dr. A.Ch. Kakiay M.Si dalam sambutannya pada acara pembukaan seminar nasional Prodi Musik gerejawi mengatakan sasaran dari kegiatan ini terutama mahasiswa, pengajar, dan juga masyarakat. Kegiatan ini bagian dari tanggung jawab Perguruan Tinggi di Indonesia terutama Perguruan Tinggi Keagamaan bersama dengan pemerintah  merevitalisasi karakter bangsa dalam kemajemukan, mengelola keragaman dengan baik, dan menjaga harmonisasi. Termasuk juga di bidang musik karena terkait  dengan bagaimana seseorang menjadi lebih tenang dan diharapkan dapat memberi kontribusi khusus kepada mahasiswa yang berkarakter baik dalam bidang agama, musik , pendidikan dan doktrin.

“ Saya berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan seminar ini dengan baik dan memanfaatkan moment ini sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai” tandasnya.

Pada acara pembukaan ini juga disungguhkan beberapa pertunjukan berupa solo gitar klasik , paduan suara dan kolaborasi saxophone dan keyboard.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *